I. Pengertian Pendidikan
Pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
- Pengalaman : kejadian yang pernah dialami selama dilingkungan pendidikan
- Penyesuaian diri : proses bagaimana individu mencapai keseimbangan sesuai dengan lingkungannya.
- Seni mengajar : guru akan selalu berupaya menyajikan proses pengajaran yang kreatif, inovatif dan selalu berfikir divergen agar mampu menciptakan suasana baru dalam mengajar.
- Pengembangan pribadi : segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita.
II. Unsur-unsur dalam Pendidikan
- Masa : waktu selama peristiwa berlangsung
- Lingkugan : tempat dimana peristiwa bimbingan atau pendidikan berlangsung
- Tujuan : hal yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
- Bentuk kegiatan : tentang dari bentuk-bentuk yang misterius atau tak disengaja sampai dengan terprogram. pendidikan berbentuk segala macam pengalaman belajar dalama hidup. pendidikan berlangsung dalam beraneka ragam bentuk, pola, dan lembaga. pendidikan dapat terjadi sembarang, kapan dan dimana pun dalam hidup. pendidikan lebih beriorientasi pada peserta didik.
Pendapat tokoh humanis
kaum pragmatis (john dewey, wiliam heart dll)mengecam praktek pendidikan disekolah terjadi pengikisan martabat kemanusiaan.
Pengertian dan Tujuan Pendidikan
Pendidikan dalam arti sempit
pengajar yang diberikan disekolah sebagai lembaga formal
Pendapat Ivan Illich
pendidikan yang baik mempunyai tujuan :
1. memberi kesempatan semua orang bebas dan mudah memperoleh sumber belajar setiap saat
2. memungkinkan semua orang memberikan pengetahuan mereeka kepada orang lain
3. menjamin tersedianya masukian umum yang berkenaan dengan pendidikan.
kaum pragmatis (john dewey, wiliam heart dll)mengecam praktek pendidikan disekolah terjadi pengikisan martabat kemanusiaan.
Pengertian dan Tujuan Pendidikan
Pendidikan dalam arti sempit
pengajar yang diberikan disekolah sebagai lembaga formal
- masa : waktu tertentu
- lingkungan :diciptakan khusus
- bentuk : formal
- tujuan: mempersiapkan hidup
Pendapat Ivan Illich
pendidikan yang baik mempunyai tujuan :
1. memberi kesempatan semua orang bebas dan mudah memperoleh sumber belajar setiap saat
2. memungkinkan semua orang memberikan pengetahuan mereeka kepada orang lain
3. menjamin tersedianya masukian umum yang berkenaan dengan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar